KEGIATAN MAGANG PPL MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG.

PPL merupakan agenda tetap tahunan yang ada di sebuah instansi Kampus, dimana kegiatan tersebut bekerja sama dengan instansi-instansi lain seperti pihak pemerintahan maupun swasta. instansi tersebut diharapkan bisa menjadi tempat praktik pembelajaran teori yang sudah dipelajari sebelumnya. Tak hanya demikian, praktik pengalaman lapangan tersebut diharapkan juga sebagai bahan ekssistensi peran mahasiswa di masyarakat, yang dalam hal ini melalui perantara sebuah instansi tertentu.

Muhammad Ridhuwan Saefuddin (1806026098) merupakan salah satu mahasiswa jurusan sosiologi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas islam negeri walisongo semarang, yang sekaligus tercatat sebagai warga desa Jepatlor Kec. Tayu kab. Pati. Pada tahun 2021 mahasiswa tersebut tercatat ikut serta dalam kegiatan PPL gelombang 2 uin walisongo semarang. Dengan adanya kondisi pandemi yang terjadi saat ini yaitu pandemi covid-19, mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan kegiatan PPL dengan mempertimbangkan banyak hal, terutama pembatasan-pembatasan kegiatan yang ada. Dengan demikian mengacu dari arahan pihak pemerintah, pihak kampus menganjurkan intruksi pelaksanaan kegiatan PPL dilakukan di wilayah sekitar atau wilayah terdekat dari tempat tinggal setiap Mahasiswa. Muhammad Ridhuwan Saefuddin (1806026098), sebagai warga desa jepatlor memilih melakukan kegiatan magang PPL di balai desa atau kelurahan domisilinya yaitu desa Jepatlor kec. Tayu Kab. Pati. melalui beberapa hasil diskusi yang dilakukan mahasiswa yang bersangkutan dengan pihak pemerintah desa, pengajuan magang PPL akhirnya disetujui. catatan penting yang muncul yaitu adanya pandemi yang terjadi pada akhirnya membatasi atau menunda kegiatan pemerintahan desa. hal tersebut pada akhirnya mempengaruhi proses magang PPL mahasiswa. dalam rangka mensukseskan rencana PPL yang ada di desa tersebut, pada akhirnya muncullah sebuah gagasan yang bisa menyelesaikan hal tersebut. mahasiswa magang PPL, pada akhirnya ditempatkan pada posisi “Administrator dan Narahubung pemerintah desa dengan masyarakat”. dengan demikian segala proses yang bersangkutan dengan masyarakat, kebutuhan maupun problematika yang ada bisa difahami dan dikaji oleh mahasiswa tersebut. dengan kondisi yang demikian akhirnya praktik teori yang dipelajari akan bisa diprakterkkan secara nyata dalam keguiatan PPL tersebut.

kegiatan PPL atas nama Muhammad Ridhuwan Saefuddin (1806026098) tecatat bermula pada tanggal 22 Juli 2021 hingga 06 September 2021. rentetan kegiatan disesuaikan dengan kegiatan pemerintahan desa dimana kegiatan makro yang ada bisa berwujud seperti bantuan-bantuan sosial seperti BLT, BPNT, dan sebagainya. sedangkan kegiatan mikro dapat berupa pembuatan surat menyurat. peran mahasiswa disini digunakan sebagai bentuk penyelarasan hubungan baik yang terjalin antara pemerintah desa jepatlor dengan masyarakat. hal tersebut diharapkan dapat meminimalisir adanya diskomunikasi informasi yang beredar. kehidupan sosial masyarakat desa yang multikultural membuat pemerintah desa harus cermat menyesuaikan sikap atas apa yang diputuskan, salah sedikit saja dapat menimbulkan problem yang cukup serius di masyarakat. dengan adanya PPL mahasiswa jurusan Sosiologi ini diharapkan dapat memetakan karakteristik masyarakat yang ada sehingga keputusan-keputusan yang diambil oleh pihak pemerintahan dapat sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Pemerintah desa jepatlor dengan tegas sangat terbuka akan adanya kegiatan-kegiatan seperti PPL, magang dan sebagainya. diharapkan dari hasil kerja sama yang dilakukan dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat menunjang peningkatan sumber daya manusia agar dapat menjadi individu yang berkualitas.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan