KELAS BUMIL

KELAS BUMIL-Sabtu, 4 September 2021

 

Kegiatan ini biasanya dilaksanakan 4 kali dalam satu tahun. Dihadiri oleh para ibu-ibu hamil yang berdomisili di Desa Jepatlor.  Peserta kegiatan sebanyak 10 orang dengan usia kehamilan mulai 3 – 9 bulan atau usia kehamilan yang sudah mencapai HPL. Setiap pelaksanaan materi yang disampaiakan ada 4, yaitu Pretes, penyampaian informasi pra dan pasca melahirkan, senam ibu hamil, serta postest.

  1. Pretes, untuk pretes ini para ibu diberikan soal-soal pilihan ganda yang harus dijawab. Soal ini digunakan untuk mengetahui pengetahuan para ibu mengenai kehamilan. Pada waktu pretes ini, dipandu oleh bidan desa yaitu Bu Musrifah.
  2. Informasi Pra dan Pasca Kehamilan, informasi ini disampaikan oleh Bu Sumiati dan Bu Muslikah. Hal yang berkaitan dengan informasi pra dan pasca kehamilan ini meliputi cara merawat bayi dengan baik dan benar, cara menjaga kehamilan yang sehat sampai kelahiran, dan lain-lain.
  3. Senam ibu hamil, pada kegiatan ini dipandu oleh Bu Musrifah dengan memberikan panduan atau arahan cara melakukan senam ibu hamil yang baik dan benar untuk usia kandungan menuju kelahiran. Gerakan-gerakan senam ini, nantinya yang harus dipraktekkan oleh para ibu ketika dirumah.
  4. Postes, tes yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman para ibu setelah mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

Kegiatan kelas ibu hamil sangat bermanfaat untuk kelancaran proses persalinan serta menambah pengetahuan para ibu sebelum dan sesudah persalinan. Sehingga setiap tahunnya diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan