APB DESA

LAMPIRAN :
PERATURAN KEPALA DESA JEPATLOR
NOMOR     : 00  TAHUN   2021
TENTANG
RANCANGAN PENJABARAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TA.2021
PENJABARAN   ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA PEMERINTAH DESA JEPATLOR
TAHUN ANGGARAN 2021
KODE  REKENING URAIAN KELUARAN/ OUTPUT  ANGGARAN SUMBER DANA
VOLUME SATUAN
1 2 3 4 5 6 7
a b c a b c d
4 PENDAPATAN
4 1 Pendapatan Asli Desa
4 1 1 Hasil Usaha
4 1 1 01 Bagi Hasil BUMDes
4 1 1 2 Lain-lain (Sewa Las Listrik Desa) 1 Thn            1.250.000 PAD
4 1 2 Hasil Aset
4 1 2 01 Pengelolaan Tanah Kas Desa 1 Thn        122.140.000 PAD
4 1 2 03 Pasar Desa 1 Thn            3.500.000 PAD
4 1 2 04 kios Milik Desa
4 1 2 05 Jaringan Irigasi Desa
4 1 2 06 Pelelangan Ikan Milik Desa
4 1 2 07 Kios Milik Desa
4 1 2 08 Pemanfaatan Lapangan/Prasarana Olah raga Milik Desa
4 1 2 90-99 Lain-lain ( Tanah Bengkok ) 1 Thn PAD
4 1 3 Swadaya, Partisipasi dan Gotong Royong
4 1 3 01 Swadaya, partisipasi dan gotong royong 1 Kali            9.500.000 PAD
4 1 3 90-99 Lain-lain Swadaya, Partisipasi dan Gotong Royong
4 1 4 Lain-lain Pendapatan Asli Desa
4 1 4 01 Hasil Pungutan Desa (Sewa Sumur Bor) 3 bh               500.000 PAD
4 1 4 90-99 Lain-lain
4 2 Transfer
4 2 1  Dana Desa
4 2 1 01 Dana Desa 1 Paket        889.478.000 DD-APBN
4 2 2 Bagian dari Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/kota
4 2 2 01  Bagian dari Hasil Pajak dan Retribusi   Daerah Kabupaten/kota 1 Paket          26.128.187 Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
4 2 3 Alokasi Dana Desa
4 2 3 01  Alokasi Dana Desa 1 Paket        318.397.000 ADD
4 2 4 Bantuan Keuangan Provinsi
4 2 4 01  Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi 1 Keg            5.000.000 BAN-PROV
4 2 4 90-99  Lain-lain Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi 1 Keg          20.000.000 BAN-PROV
4 2 5  Bantuan Keuangan APBD Kabupaten/Kota
4 2 5 01  Bantuan Keuangan APBD Kabupaten/Kota 1 Keg          13.500.000 PEMKAB
4 2 5 2  Lain-lain Bantuan Keuangan dari APBD Kabupaten/Kota (Bantuan Keuangan Pelaksanaan Pilkades)
4 3 Pendapatan Lain-lain
4 3 1 Penerimaan dari Hasil Kerjasama antar Desa
4 3 1 01 Penerimaan dari Hasil Kerjasama antar Desa
4 3 2 Penerimaan dari Hasil Kerjasama Desa dengan Pihak Ketiga
4 3 2 01 Penerimaan dari Hasil Kerjasama Desa dengan Pihak Ketiga
4 3 3 Penerimaan dari Bantuan Perusahaan yang berlokasi di Desa
4 3 3 01 Penerimaan dari Bantuan Perusahaan yang berlokasi di Desa
4 3 4 Hibah dan sumbangan dari Pihak Ketiga
1 4 3 4 01 Hibah dan sumbangan dari Pihak Ketiga
1 1 4 3 5 Koreksi kesalahan belanja tahun-tahun anggaran sebelumnya yang mengakibatkan penerimaan di kas Desa pada tahun anggaran berjalan
1 1 01 4 3 5 01 Koreksi  kesalahan  belanja  tahun-tahun  anggaran  sebelumnya  yang  mengakibatkan  penerimaan  di  kas  Desa  pada tahun anggaran berjalan
1 1 01 4 3 6 Bunga Bank
1 1 01 4 3 6 01 Bunga Bank 1 Thn               803.379 BUNGA BANK
1 1 01 4 3 9 Lain-lain pendapatan Desa yang sah
1 3 4 3 9 90-99 Lain-lain pendapatan Desa yang sah
JUMLAH PENDAPATAN  1.410.196.566
1 PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
1 5 BELANJA
1 1 Penyelenggaraan Belanja Penghasilan Tetap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa
1 1 01 Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa
1 1 01 5 1 Belanja Pegawai
1 1 01 5 1 1 Penghasilan Tetap & Tunjangan Kepala Desa
1 1 01 5 1 1 01 Penghasilan Tetap Kepala Desa 12 Bln          29.119.680 ADD
1 1 01 5 1 1 02 Tunjangan Kepala Desa
1 1 01 5 1 1 03 Penghasilan Tetap Sekretaris  Desa                           –
1 1 01 5 1 1 04 Tunjangan Sekretaris  Desa
1 1 01 5 1 1 05 Penerimaan Lain Kepala Desa yang Sah
1 1 02 5 1 2 Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kaur Tata Usaha & Umum) 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kaur Keuangan) 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kaur Perencanaan )
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kasi Pemerintahan) 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kasi Kesejahteraan ) 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kasi Pelayanan ) 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 01 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 02 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 03 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 04 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 01 Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 05 12 Bln          24.266.400 ADD
1 1 02 5 1 2 02 Tunjangan Perangkat Desa (Tunjangan Sekertaris Desa )PNS) 3 Bln                           – ADD
1 1 02 5 1 2 90-99 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kaur Admin & Umum) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-100 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kaur Keuangan) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-101 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kasi Pemerintahan)) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-102 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kasi Pembangunan)) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-103 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kasi Kesra)) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-104 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Urusan Admin & Umum) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-105 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Urusan Keuangan)) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-106 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Seksi Pemerintahan) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-107 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Seksi Pembangunan) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 90-108 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Seksi Kesra)) 12 Bln PAD
1 1 02 5 1 2 Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Tunjangan Kinerja Plt, Sekdes PNS))
1 1 03 5 1 3 Jaminan Sosial Kepala Desa dan Perangkat Desa
1 1 03 5 1 3 01 Jaminan Kesehatan Kepala Desa 12 Bln            1.164.768 ADD
1 1 03 5 1 3 02 Jaminan Kesehatan Sekretaris Desa
1 1 03 5 1 3 03 Jaminan Kesehatan Perangkat Desa ( 10 Orang ) 12 Bln            9.706.560 ADD
1 1 03 5 1 3 04 Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa 12 Bln               157.260 ADD
1 1 03 5 1 3 05 Jaminan Ketenagakerjaan Sekretaris Desa                           –
1 1 03 5 1 3 06 Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa 12 Bln            1.310.400 ADD
1 1 04 5 2 Belanja Barang dan Jasa
1 1 04 5 2 1 Belanja Barang Perlengkapan
1 1 04 5 2 1 01 Belanja Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Benda Pos
1 1 04 5 2 1 01 Kertas HVS 80 gram (450) lbr 6 Rim 6 Rim               327.954 PADS
1 1 04 5 2 1 01 Kertas HVS 70 gram (500) lbr  24 Rim 24 Rim            1.140.000 PADS
1 1 04 5 2 1 01 Kertas HVS 60 gram (500) lbr   6 Rim 6 Rim                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Buku Kwarto  isi 100,   10 bh 10 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Buku Kwarto isi 50,  10 bh 10 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Buku Folio isi 100,  20 bh 20 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Buku Gelatik  1 pak 1 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Snelhecter Kertas  120 bh 120 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Stopmap Kertas   6 pak 6 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Snelhecter Plastik 48 bh 48 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Map Kancing tebal  12 bh 12 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Map Besar 12 bh 12 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Ballpoin Pentel  2 bh 2 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Spidol Besar  1 dos 1 dos                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Spidol Htm Kecil 4 set 4 set                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Pensil STAEDLER 2B   6 bh 6 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Tip EX   4 pak 4 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Tinta Stempel  5 bh 5 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Catridge Warna  6 bh 6 bh            1.500.000 PADS
1 1 04 5 2 1 01 Catridge Hitam  10 bh 12 bh            3.000.000 PADS
1 1 04 5 2 1 01 Tinta Reffil hitam 12 bh 12 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Tinta warna 6 btl 6 btl               216.000 PADS
1 1 04 5 2 1 01 Tinta hitam 6 btl 8 btl               325.000 PADS
1 1 04 5 2 1 01 Isi Staples Kecil 36 dos 36 dos                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Perforator 4 bh 4 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Lakban hitam 8 bh 8 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Cutter Besar  6 bh 6 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Isi Cutter Besar 2 pak 2 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Binder besar 6 pak 6 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Binder Clip kecil  6 pak 6 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Klip Warna  12 pak 12 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Plastik mika ukuran folio 240 lbr 240 lbr                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Penggaris 30 Cm   12 bh 12 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Lem glue liquid kecil 24 bh 24 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Lem glue liquid sedang 12 bh 12 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Lem glue liquid besar 6 bh 6 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Kwitansi Besar 15 bh 15 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Kwitansi sedang  10 bh 10 bh                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Amplop  panjang 6 pak 6 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Amplop  sedang 3 pak 3 pak                           – ADD
1 1 04 5 2 1 01 Benda pos
1 1 04 5 2 1 01 Materai 10.000,  ( 240 Lbr ) 240 lbr            2.400.000  PADS
1 1 04 5 2 1 02 Belanja Perlengkapan Alat-alat Listrik ( Lampu, Kabel dan Pitingan , dll ) 1 Thn            1.500.000  PADS
1 1 04 5 2 1 03 Belanja Perlengkapan Alat-alat Rumah Tangga/Peralatan dan Bahan Kebersihan 1 Pkt               750.000 Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 1 04 5 2 1 04 Belanja Bahan Bakar Minyak/Gas/Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran 7 Tbg               154.000 PADS
1 1 04 5 2 1 04 Belanja BBM (genset) 12 Bln               241.200 PADS
1 1 04 5 2 1 05 Belanja Perlengkapan Cetak/Penggandaan – Belanja Barang Cetak dan Penggandaan 1 Pkt            1.934.744 PADS : 992.234,- ADD : 524.332,- Bagi Hasil. : 418.178
1 1 04 5 2 1 05 Belanja penjilidan 1 Pkt            1.000.000 PADS
1 1 04 5 2 1 06 Belanja Perlengkapan Barang Konsumsi (Makan/minum) – Belanja Barang Konsumsi
1 1 04 5 2 1 06 Snack Rapat 1100 dos            1.500.000 PADS
1 1 04 5 2 1 06 Makan Rapat 100 dos            4.500.000 PADS
1 1 04 5 2 1 06 Belanja Minum, Makan Perangkat Desa 12 Bln            3.600.000 PADS : 3.000.000, Ret.Pajak : 600.000,-
1 1 04 5 2 1 06 Belanja Gula, Teh  dan  Kopi 1 pkt            2.619.000 PADS : 1.900.000, Ret.Pajak : 600.000,-
1 1 04 5 2 1 06 Belanja Jamuan Kunjungan Tamu Desa 12 Bln            2.500.000 PADS
1 1 04 5 2 1 07 Belanja Bahan/Material
1 1 04 5 2 1 08 Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk 1 Pkt            1.400.000 Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 1 04 5 2 1 09 Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut
1 1 04 5 2 1 10 Belanja Obat-obatan
1 1 04 5 2 1 11 Belanja Pakan Hewan/Ikan, Obat-obatan Hewan
1 1 04 5 2 1 12 Belanja Pupuk/Obat-obatan Pertanian
1 1 04 5 2 1 90-99 Belanja Barang Perlengkapan Lainnya
1 1 04 5 2 2 Belanja Jasa Honorarium
1 1 04 5 2 2 01 Belanja Jasa Honorarium Tim yang Melaksanakan Kegiatan
1 1 04 5 2 2 01        Honor PPKD ( 7 Org) 10 Bln            6.650.000 PADS
1 1 04 5 2 2 01        Honor Tim Pelaksana   kegiatan      Tingkat Desa     ( 5 Org ) 10 Bln            6.650.000 PADS
1 1 04 5 2 2 02 Belanja Jasa Honorarium Pembantu Tugas Umum Desa/Operator (Operator Siskeudes) 1 Org) 12 Bln            2.400.000 PADS
1 1 04 5 2 2 03 Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa (petugas Registrar Kependudukan 3 Org) 12 Bln            2.400.000 PADS
1 1 04 5 2 2 04 Belanja Jasa Honorarium Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber
1 1 04 5 2 2 05 Belanja Jasa Honorarium Petugas (Bendahara Desa) 12 Bln            2.400.000 PADS
1 1 04 5 2 2 90-99 Belanja Jasa Honorarium Lainnya
1 1 04 5 2 2 90-99 Honor Penyusun Raperdes APBDes , Perubahan APBDes, LPPD & LKPJ 1 Pkt            1.800.000 PADS
1 1 04 5 2 2 90-99 Honor Koordinator  PBB 12 Bln            1.500.000 PADS
1 1 04 5 2 2 90-99 Honor Operator SIPADES , SID dan SIDEKA serta SINKG 12 Bln            2.400.000 PADS
1 1 04 5 2 3 Belanja Perjalanan Dinas
1 1 04 5 2 3 01 Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota (Kepala Desa, Perdes/ Lembaga Desa dll) 12 Bln            3.500.000 PADS
1 1 04 5 2 3 02 Belanja Perjalanan Dinas Luar Kabupaten/Kota (Kepala Desa, Perdes, Lembaga Desa, dll) 12 Bln            1.200.000 PADS
1 1 04 5 2 5 Belanja Operasional Perkantoran
1 1 04 5 2 5 01 Belanja Jasa Langganan Listrik 4 mtr/KwH            4.500.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 1 04 5 2 5 02 Belanja Jasa Langganan Air Bersih
1 1 04 5 2 5 03 Belanja Jasa Langganan Majalah/Surat Kabar (Koran & Majalah) 12 Bln            1.200.000 PADS
1 1 04 5 2 5 04 Belanja Jasa Langganan Telepon 12 Bln               828.000 PADS
1 1 04 5 2 5 05 Belanja Jasa Langganan Internet 12 Bln            4.200.000 PADS
1 1 04 5 2 5 06 Belanja Jasa Kurir/Pos/Giro
1 1 04 5 2 5 07 Belanja Jasa Perpanjangan Ijin/Pajak
1 1 04 5 2 7 90-99 Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya
1 1 04 5 2 7 90-99 Honor Tenaga Kebersihan / Keamanan  Kantor 12 Bln            3.600.000 PADS
1 1 04 5 2 7 90-99 Honor Penjaga 2 Kubur (2 Orang) 12 Bln            3.000.000 PADS
1 1 05 5 1 4 Tunjangan BPD
1 1 05 5 1 4 01 Tunjangan Kedudukan BPD (Ketua) 1 Org/Thn            2.350.000 ADD : 1.750.000,- & PADS : 600.000,-
Tunjangan Kedudukan BPD Wakil (Ketua) 1 Org/Thn            2.250.000 ADD : 1.750.000,- & PADS : 500.000,-
Tunjangan Kedudukan BPD (Sekretaris) 1 Org/Thn            2.250.000 ADD : 1.750.000,- & PADS : 500.000,-
Tunjangan Kedudukan BPD (Anggota 6 Orang) 6 Org/Thn          12.600.000 ADD : 10.500.000,- & PADS : 2.100.000,-
1 1 05 5 1 4 Tali  Asih  BPD
1 1 06 5 2 5 90-99 Belanja Operasional BPD
1 1 06 5 2 5 90-99 Alat Tulis Kantor 1 Pkt            1.035.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 1 06 5 2 5 90-99 Penggandaan 1 Pkt               690.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 1 06 5 2 5 90-99 Konsumsi Rapat Internal BPD 90 Dos            1.035.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 1 07 5 2 2 3 INSENTIF KETUA RT ( 31 RT ) 31 RT          26.350.000 ADD: 15.500.000, PADS: 10.850.000
1 1 07 5 2 2 3 INSENTIF KETUA RW ( 5 RT ) 5 RW            4.250.000 ADD: 2.500.000 PADS: 1.750.000
1 1 07 5 2 5 90-99 Belanja Operasional RT / RW
1 1 07 5 2 5 90-99 Alat Tulis Kantor 1 Thn                           – PADS
1 1 90-99 5 2 1 6 Tunjangan Hari Raya ( Bingkisan bagi Perangkat Desa & Lembaga Desa :  30  Orang ). 30 Pkt          10.100.000 PADS : 9.000.000 & Bagi Hasil : 1.100.000
1 1 90-99 5 2 7 90-99 Belanja Operasional  KPMD 1 thn            5.000.000 BAN-PROV
1 2 02 5 2 6 Belanja Pemeliharaan
1 2 02 5 2 6 02 Belanja Pemeliharaan Kendaraan Bermotor
1 2 02 5 2 6 02 Belanja Jasa Servise 4 Spd mtr/thn                           –  ADD
1 2 02 5 2 6 02 Belanja Penggantian Suku Cadang 4 Spd mtr/thn                           –  ADD
1 2 02 5 2 6 02 Belanja Oli Pelumas 4 Spd mtr/thn                           –  ADD
1 2 02 5 2 6 02 Belanja Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan 4 Spd mtr/thn                           –  ADD
1 2 02 5 2 6 03 Belanja Pemeliharaan Peralatan
1 2 02 5 2 6 03 Perawatan Komputer 6 bh            3.750.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 2 02 5 2 6 03 Perawatan Printer 6 bh            3.750.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
1 2 03 5 2 6 04 Belanja Pemeliharaan Bangunan
1 2 03 5 2 6 04 Pengadaan pinjer / absen digital 1 Pkt                           –  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
03 5 2 6 04 Pengadaan alat pemadam kebakaran ( 2  buah ) 1 Pkt                           –  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
5 2 6 05 Belanja Pemeliharaan Jalan
5 2 6 06 Belanja Pemeliharaan Jembatan
5 2 6 07 Belanja Pemeliharaan Irigasi/Saluran Sungai/Embung/Air Bersih, jaringan Air Limbah, Persampahan, dll ( Sungai Sowo dan Lencer ) 2 Pkt            3.000.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
5 2 6 08 Belanja Pemeliharaan Jaringan dan Instalasi (Listrik, Telepon, Internet, Komunikasi, dll)
1 2 90-99 5 2 6 90-99 Belanja Pemeliharaan Lainnya (Sarana Prasarana Kantor) 1 Pkt            3.000.000  Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah
5 2 7 Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat
5 2 7 01 Belanja Bahan Perlengkapan yang Diserahkan ke masyarakat
5 2 7 02 Belanja Bantuan Mesin/Kendaraaan bermotor/Peralatan yang diserahkan ke masyarakat
5 2 7 03 Belanja Bantuan Bangunan yang diserahkan ke masyarakat
5 2 7 04 Belanja Beasiswa Berprestasi/Masyarakat Miskin
5 2 7 05 Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan
1 2 01 5 3 2 Belanja Modal Peralatan, Mesin, dan Alat Berat
1 2 01 5 3 2 03 Belanja Modal Peralatan Komputer (Pengadaan Lap top 2 Unit)
1 2 01 5 3 2 03 Pengadaan Printer. 1 Unit
1 3 Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan
1 3 01 Pelayanan administrasi umum dan kependudukan (Surat Pengantar/Pelayanan KTP, Kartu Keluarga, dll)
1 4 10 5 2 7 90-99 #REF!
2 PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
2 1 Pendidikan
2 1 01 5 2 7 90-99 Bantuan Honor Pengajar TK “Sumber Asih” 1 Thn            3.000.000  DD-APBN
2 1 01 5 2 2 04 Belanja Lembaga Pendidikan TPQ  ( 3 TPQ ) 1 Keg            1.500.000 PADS
2 2 01 5 2 7 90-99 Insentif tenaga PPKBD/SKD 12 Bln            1.800.000 DD-APBN
2 2 01 5 2 7 90-99 Insentif tenaga KPM Stunting 12 Bln            2.400.000 DD-APBN
2 2 02 5 2 7 90-99 Peningkatan Kapasitas Posyandu 12 Bln        107.172.600 DD-APBN
2 2 09 5 2 7 90-99 Pengadaan Sarpras Posyandu 12 Bln                           – DD-APBN
09 5 2 7 90-100 Peningkatan Kapasitas FKD 1 Pkt            6.529.000 DD-APBN
2 Pembangunan/Rehabilitasi/Penin gkatan Sarana Prasarana Perpustakaan/Taman Bacaan Desa/Sanggar Belajar
2 3 5 3 Belanja Modal
2 3 05 5 2 6 07 PKT Normalisasi Saluran Irigasi Petani Sawah , RW.003 (V0L :P.500 M X 1,5 M ) 1 Pkt            3.871.000 DD-APBN
2 3 05 5 2 6 07 PKT Normalisasi Saluran Irigasi Petani Sawah , RW.005 (V0L :P.500 M X 1,5 M ) 1 Keg            4.000.000 DD-APBN
05 5 2 6 07 PKT Normalisasi Saluran Irigasi Sungai Lencer , RW.002 (V0L :P.200 M X L. 4 M ) 1 Pkt            1.068.500 DD-APBN
07 PKT Normalisasi Saluran Irigasi ( Sungai Lencer dan Sungai Sowo ), Petani Tambak dan Sawah. 1 Pkt                           – DD-APBN
Pengadaan Bor Air Bersih Pemukiman ( RT.002/RW. 001 ) 1 Pkt          12.000.000 DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Belanja Modal Jalan /Prasarana Jalan
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 002,RW 001  ( Vol: P. 70 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 004,RW 001  ( Vol: P. 30 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 001,RW 002  ( Vol: P. 125 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 006,RW 002  ( Vol: P. 42 M X L. 2 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 002,RW 003  ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 003  ( Vol: P. 35 M X L. 1,20 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 003  ( Vol: P. 56 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 007,RW 003  ( Vol: P. 60 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 002,RW 004  ( Vol: P. 100 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 004,RW 004  ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 001,RW 005  ( Vol: P. 115 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 003,RW 005  ( Vol: P. 15 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 005  ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 0 Pkt                           – DD-APBN
2 3 10 5 3 5 07 Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 005  ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T.  0,12 M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
2 4 01 5 2 7 03 Bantuan Keuangan RTLH 3 Paket 3 Pkt                           – BANPROV
2 4 90-99 5 3 8 03 Pembangunan Atap Galvalum TK. Sumber Asih, ( VOL. P. 11 M. X  L. 10 M, X T. 3,5  M ) 1 Pkt                           – DD-APBN
3 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DESA                           –
3 1 02 5 2 1 09 #REF!
3 2 Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan
3 2 02 5 2 7 90-99 Belanja Peringatan Hari Besar Nasional 1 Pkt            1.500.000 PADS
3 2 02 5 2 7 90-99 Belanja Peringatan Hari Besar Islam 1 Pkt            5.000.000 PADS
3 2 02 5 2 7 90-99 Belanja Bersih Desa / Sedekah Bumi 1 Pkt          22.175.000 PADS
3 2 02 5 2 7 90-99 Belanja Peringatan Khoul ” Mbah Buyut Kromo Truno “ 1 Pkt            3.000.000 PADS
3 2 04 5 2 7 01 Bantuan Keuangan Peningkatan Kapasitas Sarana Prasarana Ibadah 2 Masjid
3 2 05 5 2 7 01 Bantuan Keuangan Peningkatan Kapasitas Sarana Prasarana Ibadah 2 Musholla
3 2 90-99 5 2 7 90-99 Bantuan Keuangan kepada Desa untuk Fasilitasi Lembaga Keagamaan 19 Lembaga          13.500.000 PEMKAB
3 3 05 5 3 9 02 Pembangunan Sarana Prasarana  Olah Raga Desa Tahap VI (Vol: P. 50 M X 25 M X 8 M ) 1 Pkt        176.148.400 DD-APBN
3 3 05 5 3 9 02 Pembangunan Sarana Prasarana  Olah Raga Desa Tahap V (Vol. 15 m X 25 m X 8 m) 1 Pkt                           – DD-APBN
3 3 06 5 2 7 90-99 Belanja Bantuan Keuangan Kepada Karang Taruna 1 Thn            3.500.000 PADS
3 4 02 5 2 7 90-99 Belanja Bantuan Keuangan Kepada LPMD 1 Thn            3.500.000 PADS
3 4 03 5 2 7 90-100 Belanja Bantuan Keuangan Pembinaan PKK 1 Thn            5.000.000 DD-APBN
4 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
4 2 04 5 2 7 90-99 Insentif Ladu / Pemeliharaan Saluran Irigasi 3 (tiga) orang 1 Thn            3.000.000 PADS
4 3 01 5 2 3 03 Belanja Kursus/Pelatihan
4 3 01 5 2 3 03 #REF!
5 2 4 Belanja Jasa Sewa
5 2 4 01 Belanja Jasa Sewa Bangunan/Gedung/Ruang
5 2 4 02 Belanja Jasa Sewa Peralatan/Perlengkapan
5 2 4 03 Belanja Jasa Sewa Sarana Mobilitas
5 2 4 90-99 Belanja Jasa Sewa Lainnya
4 6 90-99 5 2 7 90-99 Belanja Ketahanan Masyarakat / Penyertaan Modal Bumdes 1 Pkt          20.000.000 BAN-PROV
Belanja Hibah
Hibah Kepada BUMDes
Hibah Kepada Badan/ Organisasi/ Lembaga
BIDANG TAK TERDUGA
Kegiatan Kejadian Luar Biasa 1 pkt                           –
1 1 05 5 3 4 <Rincian Obyek Belanja>
5 01 Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) 1 Pkt          27.557.000 DD -APBD
5 1 02 BLT Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) 150 3 Bulan                           – DD-APBN
03 BLT Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) Tahap II 150 3 Bulan                           – DD-APBN
Dana Cadangan BLT Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) Tahap III 150 12  Bulan        540.000.000 DD-APBN
5 1 00 Penanggulangan Bencana
5 1 00 5 4 Belanja Tak Terduga
5 1 00 5 4 00 Belanja Tak Terduga
5 1 00 5 4 00 00 Belanja Tak Terduga
JUMLAH  BELANJA  1.411.590.066
SURPLUS /(DEFISIT)          (1.393.500)
6 PEMBIAYAAN
6 1 Penerimaan Pembiayaan
6 1 1 SILPA Tahun Sebelumnya
6 1 1 1 SILPA Tahun Sebelumnya            1.393.500
6 2 Pengeluaran Pembiayaan            1.393.500
6 2 1 Pembentukan Dana Cadangan                           –
6 2 2 1 Pembentukan Dana Cadangan                           –
SELISIH PEMBIAYAAN                           –
Jepatlor,  30  Desember  2020
 KEPALA DESA JEPATLOR JEPATLOR
HERRY  PRASETYO, SE
…………………,……… Kepala Desa,
(…………………………
Keterangan Cara Pengisian:
Kolom 1   :   diisi berdasarkan klasifikasi Bidang Kegiatan:
a. bidang;
b. sub bidang; dan
c. kegiatan
Kolom 2   :   Kode rekening diisi berdasarkan klasifikasi ekonomi terdiri dari Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan:
–   Bagian pendapatan diisi:
a. Pendapatan:
b. kelompok pendapatan:
c. jenis pendapatan; dan
d. obyek pendapatan
–   Bagian Belanja diisi:
a. belanja;
b. jenis belanja (disesuaikan dengan jenis kegiatan);
c. obyek belanja: dan
d. rincian obyek belanja.
–   Bagian Pembiayaan diisi:
a. pembiayaan;
b. kelompok pembiayaan; dan
c. jenis pembiayaan
Kolom 3   :   Uraian Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan (Lihat Lampiran A Permendagri ini) Kolom 4   :   Volume diisi dengan volume (jumlah) output kegiatan (Kolom 1.c) dan volume (jumlah)
input pada rincian obyek belanja (Kolom 2.d)
Kolom 5   :   Satuan  diisi dengan satuan output (paket, unit, km, Ha) kegiatan dan satuan (paket, unit) input pada rincian obyek belanja
Kolom 6   :   Anggaran diisi dengan jumlah anggaran yang ditetapkan
Kolom 7   :   Sumber Dana diisi dengan Sumber Dana yang digunakan dalam kegiatan (kolom 1.c) terkait
E. Format Panduan Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa
PANDUAN EVALUASI RANCANGAN PERATURAN DESA
TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA
A.  DASAR PEMIKIRAN
1.   Anggaran  Pendapatan  dan  Belanja  Desa  (APB  Desa)  sebagai  wujud  dari pengelolaan  keuangan  Desa  yang  dibahas  dan  disepakati  oleh  Pemerintah Desa   dan   Badan   Permusyawaratan   Desa   (BPD)   secara   terbuka   dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat Desa ditetapkan tiap tahun dengan Peraturan Desa.
2.   APB   Desa   disusun   sesuai   kebutuhan   dan   kewenangan   Desa   yang berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran.
3.   Bahwa   berdasarkan   Peraturan   Menteri   ini,   Rancangan   Peraturan   Desa tentang APB Desa harus dievaluasi oleh Bupati/Walikota.
4.   Berdasarkan ketentuan sebagaimana tersebut di atas, Menteri  Dalam Negeri perlu    mengeluarkan    Panduan    Evaluasi    APB    Desa    sebagai    acuan Bupati/Walikota  melakukan  evaluasi  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang APB Desa dan  Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa.
B.  MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan panduan ini, yaitu:
1. Maksud
Panduan ini dimaksudkan untuk menjamin tercapainya prinsip kepatuhan, keselarasan, keseimbangan dan kejelasan pengelolaan keuangan Desa dalam membiayai   Pembangunan   Desa   berdasarkan   kewenangan   Desa   yang mengutamakan kepentingan umum dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan.
2. Tujuan Umum
Panduan  ini  bertujuan  untuk  memberikan  acuan  kepada  Bupati/Walikota dan/atau Camat dalam rangka evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa,
C.  SASARAN EVALUASI
Sasaran pelaksanaan evaluasi, yaitu:
1. Diperoleh data dan informasi yang akan menjadi dasar untuk   memberikan penilaian kepada Desa dalam kaitannya dengan kepatuhan penyusunan dan penetapan  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  APB  Desa  dan  Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa.
2. Diperoleh data dan informasi yang akan menjadi dasar  untuk memberikan penilaian   kepada   Desa   dalam   kaitannya  dengan   substansi  dan  materi Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  APB  Desa  dan  Rancangan  Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa.
D. RUANG LINGKUP EVALUASI
Ruang lingkup pelaksanaan Evaluasi, yaitu:
1. Aspek administrasi yang meliputi identifikasi kelengkapan data dan informasi terkait dokumen pendukung dalam   penyusunan Rancangan Peraturan Desa
tentang  APB  Desa  dan  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  perubahan  APB Desa;
2. Aspek legalitas yang meliputi identifikasi peraturan-peraturan yang melandasi penyusunan Rancangan Peraturan Desa dimaksud;
3. Aspek kebijakan yang meliputi identifikasi konsistensi substansi dan materi dengan RPJM Desa dan RKP Desa; dan
4. Aspek   substansi   anggaran   dalam   struktur   APB   Desa   yang   meliputi pendapatan, belanja dan pembiayaan.
E. EVALUASI
1.  Persiapan Evaluasi
a. Langkah-langkah  yang  perlu  dilakukan  dalam  pelaksanaan  persiapan evaluasi, yaitu:
1)   Pembentukan  Tim  Evaluasi  APB  Desa  Kabupaten/Kota  ditetapkan dengan  Surat  Keputusan  Bupati/Walikota  tentang  Pembentukan  Tim Pelaksanaan   Evaluasi   APB   Desa   dilampiri   Pedoman   Pelaksanaan Evaluasi    APB    Desa,    dalam    hal    pelaksanaan    evaluasi    oleh Bupati/Walikota.
2)   Tim Evaluasi APB Desa sebagaimana dimaksud huruf a, terdiri dari:
a) Ketua                :   Pejabat  pada  Bagian  Hukum  Sekretariat  Daerah Kabupaten/Kota
b) Sekretaris          :   Pejabat  pada  Dinas  Pemberdayaan  Masyarakat dan   Pemerintahan   Desa   Kabupaten/Kota   atau sebutan lainnya
b) Anggota             :   SKPD terkait
3)   Berdasarkan     Peraturan     Menteri     ini,     Bupati/Walikota     dapat mendelegasikan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan  APB Desa kepada camat atau sebutan lainnya.
Apabila pelaksanaan evaluasi APB Desa didelegasikan kepada Camat, selanjutnya      Bupati/Walikota     menerbitkan      Surat      Keputusan Bupati/Walikota  tentang  Pendelegasian  Evaluasi  APB  Desa  dilampiri Pedoman Pelaksanaan Evaluasi APB Desa.
4)   Pendelegasian kewenangan melakukan evaluasi  Rancangan Peraturan Desa  tentang   APB  Desa  dan  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang Perubahan APB Desa kepada camat atau sebutan lainnya, selanjutnya Camat membentuk Tim Evaluasi, yang terdiri dari:
a) Ketua                :   Camat
b) Sekretaris          :   Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa
c) Anggota             :   Unsur     pemerintah     kecamatan     dan     UPT Kecamatan terkait
5)   Anggota Tim Evaluasi dimaksud adalah pejabat atau staf yang memiliki kompetensi  sesuai  bidangnya  dari  unsur  terkait  untuk  melakukan evaluasi Rancangan peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa.
6)   Segala biaya yang dibutuhkan oleh tim evaluasi dalam melaksanakan tugasnya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota.
b. Dokumen Evaluasi
1)   Dokumen Utama
a) Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa yang telah disepakati bersama BPD; dan/atau
b) Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa yang telah disepakati bersama BPD.
2)   Dokumen Penunjang (alat verifikasi)
a) Disampaikan oleh Desa
–  Keputusan   Musyawarah   BPD   Pembahasan   dan   Penyepakatan Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  APB  Desa  (untuk  evaluasi Rancangan   Perdes   tentang   APB   Desa),   berita   acara   hasil musyawarah; atau
–  Keputusan   Musyawarah   BPD   Pembahasan   dan   Penyepakatan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan  APB Desa (untuk evaluasi Rancangan Perdes tentang Perubahan APB Desa);
–  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).
–  Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun berkenaan.
–  Dokumen yang relevan (misal, Perdes tentang pembentukan dana cadangan,   Perdes   tentang   pendirian   BUMDesa,   hasil   analisa kelayakan penyertaan modal BUMDes, dll)
b) Disiapkan oleh Tim Evaluasi
–  Peraturan Bupati/Walikota tentang Pengelolaan Keuangan Desa
–  Peraturan     Bupati/Walikota     tentang     Daftar     Kewenangan berdasarkan hak asal-usal  dan lokal berskala Desa
–  Perdes  tentang  Penetapan  Daftar  Kewenangan  berdasarkan  hak asal-usul dan lokal berskal desa
–  Peraturan  Bupati/Walikota  tentang  Pengadaan  Barang/Jasa  di Desa
–  Peraturan Bupati/Walikota tentang Dana Desa
–  Peraturan Bupati/Walikota tentang Alokasi Dana Desa
–  Peraturan Bupati/Walikota tentang Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah
–  Peraturan        Bupati/Walikota        tentang        Satuan        Harga Kabupaten/Kota  yang  didalamnya  mengatur  Standar  Harga  di Desa
–  Peraturan Bupati tentang Lingkup Pembangunan Desa
–  Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah
2.  Pelaksanaan Evaluasi
Proses evaluasi dilaksanakan dengan menempuh 2 (dua) tahapan, yaitu:
a. Pemeriksaan kelengkapan dokumen, evaluasi  administrasi dan legalitas.
1)   Evaluasi  administrasi  dan  legalitas  meneliti  beberapa  hal  sebagai berikut:
a) Kepatuhan atas kelengkapan penyampaian dokumen evaluasi;
b) Kepatuhan  atas  penyajian  informasi  dalam  Rancangan  peraturan yang akan dievaluasi;
c) Konsistensi penggunaan dokumen dan informasi dalam  Rancangan peraturan yang akan dievaluasi;
d) Kesesuaian   Rancangan   peraturan   yang   akan   dievaluasi   dengan teknis penyusunan peraturan Desa;
2)   Langkah-langkah evaluasi:
a) Langkah 1  : Pengumpulan dokumen evaluasi;
b) Langkah 2  : Pencatatan  nomor,  tanggal  dan  kelengkapan  lampiran semua dokumen;
c) Langkah 3  : Penelitian   dan   penganalisian   nomor,   tanggal   dan kelengkapan lampiran semua dokumen;
d) Langkah 4  : Pembandingan  tanggal  penyampaian  semua  dokumen dengan  ketentuan  yang  berlaku  tentang  batas  waktu  penyampaian dokumen;
e) Langkah 5  : Kesimpulan secara narasi tentang hasil langkah 1 s/d 4.
Catatan : Jika dari hasil pemeriksaan kelengkapan dokumen tidak terpenuhi sesuai  ketentuan,  Tim  Evaluasi  meminta  kepada  Pemerintah  Desa untuk melengkapinya. Waktu pelaksanaan evaluasi dihitung kembali setelah dokumen diterima secara lengkap.
b. Evaluasi kebijakan dan struktur APB Desa/perubahan APB Desa. Langkah-langkah evaluasi tertuang dalam lembar kerja, terlampir.
3. Hasil Evaluasi
Setelah  selesai  melaksanakan  evaluasi  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang perubahan APB Desa, Tim Evaluasi menyusun laporan hasil evaluasi yang dituangkan dalam Keputusan Bupati/Walikota.
Laporan  hasil  evaluasi  dimaksudkan  untuk  menyampaikan  temuan  analisis terhadap  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  APB  Desa  atau  Rancangan Peraturan  Desa  tentang  Perubahan  APB  Desa  sebagai  umpan  balik  kepada pemerintah   Desa   untuk   melakukan   penyempurnaan   atau   persetujuan terhadap  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  APB  Desa  atau  Rancangan Peraturan  Desa  tentang  Perubahan  ABDesa.  Laporan  hasil  evaluasi  (LHE) tersebut secara garis besar menyajikan informasi mengenai:
(a) evaluasi atas sistem APB Desa atau Perubahan APB Desa, dan
(b) evaluasi atas substansi APB Desa atau Perubahan APB Desa.
Laporan  hasil  evaluasi  Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  APB  Desa  atau Rancangan  Peraturan  Desa  tentang  perubahan  APB  Desa  didistribusikan kepada :
a. Kepala  Dinas  Pemberdayaan  Masyarakat  dan  Pemerintahan  Desa  atau sebutan lainnya; dan
b. Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota.