LAPORAN PELAKSANAAN APBDes - Tahun 2023

  • Feb 22, 2023

 

JENIS LAPORAN YANG HARUS DIKETAHUI OLEH KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA 

Laporan Kepala Desa (Kades) dan Laporan pertanggungjawabannya ada beberapa jenis yang telah diatur dalam undang-undang dan harus difahami oleh Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta masyarakat. Ada dua jenis laporan kepala desa yang paling pokok, yaitu Laporan Penyelenggaran Pemerintahan yang diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 tahun 2016, dan Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) yang diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 tahun 2018. Untuk memahami masing-masing jenis laporan dan pertanggungjawaban seorang Kepala Desa, mari kita coba uraikan satu per satu berikut ini : 

 A. Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, sebagaimana dituangkan dalam pasal 2 Permendagri nomor 46 tahun 2016, dimana terdiri atas :

 1.    Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) akhir tahun anggaran, disampaikan kepada Bupati/Walikota melalui Camat.                       2.    Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir masa jabatan (LPPD-AJ), disampaikan kepada Bupati/Walikota melalui Camat                       3.    Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) akhir tahun anggaran, disampaikan kepada Badan Permusyawaratan Des   4.    Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (IPPD), disampaikan kepada masyarakat. Informasi kepada masyarakat telah dijelaskan dalam

pasal 10 Permendagri nomor 46 tahun 2016 yang bisa disimpulkan sebagai berikut : 

 1.    Masyarakat Desa berhak meminta dan mendapatkan informasi dari pemerintah Desa mengenai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Desa,          pelaksanaan  pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.                                                                                                                           2.    Untuk memenuhi hak masyarakat sebagaimana tersebut diatas, Kepala Desa wajib memberikan dan/atau menyebarkan informasi                                penyelenggaraan pemerintahan   desa kepada masyarakat Desa.                                                                                                                                                                     3.    informasi penyelenggaraan pemerintahan Desa harus disampaikan secara tertulis paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhir tahun anggaran,          media  informasi yang mudah diakses oleh masyarakat.                                                                                                                                                                             4.   Media informasi sebagaimana dimaksud, antara lain papan pengumuman, radio komunikasi dan media informasi lainnya.     

 5.    Sementara itu, terkait dengan Serah  Terima Jabatan, Kepala Desa (Kades) yang lama harus menyerahkan memori serah terima jabatan.                    Memori serah terima   jabatan sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 82 Tahun 2015 Pasal 5 ayat (4) terdiri atas : 

       1.    Pendahuluan                                                                                                                                                                                                                                               2.    Monografi Desa                                                                                                                                                                                                                                           3.    Pelaksanaan program kerja tahun lalu                                                                                                                                                                                                         4.    Rencana program kerja yang akan datang,                                                                                                                                                                                                 5.    Kegiatan yang telah diselesaikan, sedang dilaksanakan, dan rencana kegiatan setahun terakhir                                                                                                             6.    Hambatan yang dihadapi                                                                                                                                                                                                                             7.    Daftar inventarisasi aset dan kekayaan desa                                                                                                                                                                                             8.    Laporan Kepala Desa jenis yang pertama diatas harus dipersiapkan setiap tahun sekali dan setiap habis masa periode jabatan Kades.     

B. Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa), sebagaimana diuraikan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018, yang terdiri atas :   

1. Laporan Pelaksanaan (LP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) (pasal 68) yang terdiri atas: Laporan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan                Belanja Desa (APBDesa) semester     

1. (pertama), di bulan Juli dan semester 2 (kedua) di bulan Januari tahun berikutnya. Laporan Realisasi Kegiatan (tiap Pelaksanaan Anggaran Kegiatan dalam                     per semester).                                                                                                                                                                          2. Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan (LPRP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) selambat-lambatnya                  3  bulan setelah berakhir tahun anggaran (pasal 70), dalam bentuk Peraturan Desa (Perdes). Dimana terdiri atas :                                                              a. Laporan Keuangan, terdiri dari :   Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Catatan Laporan Keuangan                      b. Laporan Realisasi Kegiatan, c. Daftar Program Sektoral, yaitu program Pemerintah Daerah dan Program Lainnya yang masuk ke desa. 3.

Menginformasikan Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) kepada masyarakat (pasal 72). Informasi yang disajikan kepada masyarakat paling sedikit harus memuat:   

   1.    Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa)                                                                                                                                                   2.    Laporan Realisasi Kegiatan                                                                                                                                                                                                                         3.    Laporan Kegiatan yang belum selesai                                                                                                                                                                                                         4.    Laporan Kegiatan yang tidak terlaksana                                                                                                                                                                                                     5.    Laporan sisa anggran APBDesa                                                                                                                                                                                                                 6.    Alamat Pengaduan Keterangan :       

         a. Laporan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) itu terdiri atas :                                                                                                                 laporan semester pertama yang harus disampaikan paling lambat pada akhir bulan Juli tahun berjalan kepada Bupati/Walikota melalui    Camat.     Laporan                     semester   akhir  tahun yang harus disampaikan    paling lambat pada akhir bulan Januari tahun berikutnya kepada     Bupati/Walikota     melalui Camat.                                                                                                                                                                                                                                                                                                          b.  Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes dapat diuraikan seperti berikut :     

Kepala Desa menyampaikan laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) kepada Bupati/Walikota melalui Camat setiap akhir tahun anggaran. Laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) itu terdiri dari pendapatan, belanja, dan pembiayaan. Laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBDesa itu ditetapkan dengan Peraturan Desa, artinya harus disepakati BPD. Laporan realisasi dan laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBDesa harus diinformasikan kepada masyarakat secara tertulis dan dengan media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Media informasi sebagaimana dimaksud antara lain papan pengumuman, radio komunitas, dan media informasi lainnya. Laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) disampaikan paling lambat 1 (satu) bulan setelah akhir tahun anggaran berkenaan. Bila kades yang bersangkutan mencalon lagi, maka dia harus selesaikan dulu 8 laporan tersebut. Artinya panitia berhak menolak pendaftaran petahana dengan rekomendasi dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Nomor 9 itu disampaikan saat serah terima jabatan. Bila 9 hal itu belum dipenuhi, maka Kepala Desa oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa diajukan untuk diproses sebagaimana aturan perundang-undangan yang berlaku. Jika ada indikasi korupsi, maka sebaiknya laporkan ke Tipikor dengan pembuktian terbalik. Demikianlah berbagai jenis Laporan Kepala Desa dan pertanggungjawabannya kepada masyarakat maupun pemerintah diatasnya.
 

1. Pendapatan Desa
Rencana / Anggaran Realisasi Lebih/Kurang
PENDAPATAN ASLI DESA
Hasil Usaha
Rp. 3.000.000 Rp. 3.000.000 Rp. 0
Hasil Aset
Rp. 172.754.000 Rp. 172.754.000 Rp. 0
Swadaya, Partisipasi, Gotong Royong
Rp. 10.800.000 Rp. 10.800.000 Rp. 0
PENDAPATAN TRANSFER
Dana Desa
Rp. 1.138.285.000 Rp. 1.138.285.000 Rp. 0
Bagi Hasil Pajak & Retribusi
Rp. 26.138.187 Rp. 26.138.187 Rp. 0
Alokasi Dana Desa
Rp. 381.042.000 Rp. 381.042.000 Rp. 0
Bantuan Keuangan Kabupaten
Rp. 14.000.450 Rp. 14.000.450 Rp. 0
Bantuan Keuangan Provinsi
Rp. 5.000.000 Rp. 5.000.000 Rp. 0
PENDAPATAN LAIN-LAIN
Hibah
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Sumbangan Pihak ketiga
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Pendapatan Lain-lain
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
2. Belanja Desa
Rencana / Anggaran Realisasi Lebih/Kurang
PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 527.091.937 Rp. 0 Rp. 527.091.937
PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 732.846.340 Rp. 0 Rp. 732.846.340
PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DESA
Rp. 316.390.110 Rp. 0 Rp. 316.390.110
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA
Rp. 18.000.000 Rp. 0 Rp. 18.000.000
BELANJA TAK TERDUGA
Rp. 133.200.000 Rp. 0 Rp. 133.200.000
3. Pembiayaan Desa
Rencana / Anggaran Realisasi Lebih/Kurang
PENERIMAAN PEMBIAYAAN
SiLPA
Rp. 692.000.000 Rp. 69.200.000 Rp. 622.800.000
Pencairan Dana Cadangan
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Hasil penjualan kekayaan Desa yang dipisahkan
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
PENGELUARAN PEMBIAYAAN
Pembentukan Dana Cadangan
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0
Penyertaan Modal Desa
Rp. 0 Rp. 0 Rp. 0