LAMPIRAN : PERATURAN KEPALA DESA JEPATLOR TENTANG RANCANGAN PENJABARAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TA.2021 NOMOR : 00 TAHUN 2021 |
||||||||||||
PENJABARAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA PEMERINTAH DESA JEPATLOR TAHUN ANGGARAN 2021 |
||||||||||||
KODE REKENING | URAIAN | KELUARAN/ OUTPUT | ANGGARAN | SUMBER DANA | ||||||||
VOLUME | SATUAN | |||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | ||||||
a | b | c | a | b | c | d | ||||||
4 | PENDAPATAN | |||||||||||
4 | 1 | Pendapatan Asli Desa | ||||||||||
4 | 1 | 1 | Hasil Usaha | |||||||||
4 | 1 | 1 | 01 | Bagi Hasil BUMDes | ||||||||
4 | 1 | 1 | 2 | Lain-lain (Sewa Las Listrik Desa) | 1 | Thn | 1.250.000 | PAD | ||||
4 | 1 | 2 | Hasil Aset | |||||||||
4 | 1 | 2 | 01 | Pengelolaan Tanah Kas Desa | 1 | Thn | ######## | PAD | ||||
4 | 1 | 2 | 02 | Tambatan Perahu | PAD | |||||||
4 | 1 | 2 | 03 | Pasar Desa | 1 | Thn | 3.500.000 | PAD | ||||
4 | 1 | 2 | 04 | kios Milik Desa | ||||||||
4 | 1 | 2 | 05 | Jaringan Irigasi Desa | ||||||||
4 | 1 | 2 | 06 | Pelelangan Ikan Milik Desa | ||||||||
4 | 1 | 2 | 07 | Kios Milik Desa | ||||||||
4 | 1 | 2 | 08 | Pemanfaatan Lapangan/Prasarana Olah raga Milik Desa | ||||||||
4 | 1 | 2 | 90-99 | Lain-lain ( Tanah Bengkok ) | 1 | Thn | PAD | |||||
4 | 1 | 3 | Swadaya, Partisipasi dan Gotong Royong | |||||||||
4 | 1 | 3 | 01 | Swadaya, partisipasi dan gotong royong | 1 | Kali | 9.500.000 | PAD | ||||
4 | 1 | 3 | 90-99 | Lain-lain Swadaya, Partisipasi dan Gotong Royong | ||||||||
4 | 1 | 4 | Lain-lain Pendapatan Asli Desa | |||||||||
4 | 1 | 4 | 01 | Hasil Pungutan Desa (Sewa Sumur Bor) | 3 | bh | 500.000 | PAD | ||||
4 | 1 | 4 | 90-99 | Lain-lain | ||||||||
4 | 2 | Transfer | ||||||||||
4 | 2 | 1 | Dana Desa | |||||||||
4 | 2 | 1 | 01 | Dana Desa | 1 | Paket | ######## | DD-APBN | ||||
4 | 2 | 2 | Bagian dari Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/kota | |||||||||
4 | 2 | 2 | 01 | Bagian dari Hasil Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten/kota | 1 | Paket | ######## | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | ||||
4 | 2 | 3 | Alokasi Dana Desa | |||||||||
4 | 2 | 3 | 01 | Alokasi Dana Desa | 1 | Paket | ######## | ADD | ||||
4 | 2 | 4 | Bantuan Keuangan Provinsi | |||||||||
4 | 2 | 4 | 01 | Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi | 1 | Keg | 5.000.000 | BAN-PROV | ||||
4 | 2 | 4 | 90-99 | Lain-lain Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi | 1 | Keg | ######## | BAN-PROV | ||||
4 | 2 | 5 | Bantuan Keuangan APBD Kabupaten/Kota | |||||||||
4 | 2 | 5 | 01 | Bantuan Keuangan APBD Kabupaten/Kota | 1 | Keg | ######## | PEMKAB | ||||
4 | 2 | 5 | 2 | Lain-lain Bantuan Keuangan dari APBD Kabupaten/Kota (Bantuan Keuangan Pelaksanaan Pilkades) | ||||||||
4 | 3 | Pendapatan Lain-lain | ||||||||||
4 | 3 | 1 | Penerimaan dari Hasil Kerjasama antar Desa | |||||||||
4 | 3 | 1 | 01 | Penerimaan dari Hasil Kerjasama antar Desa | ||||||||
4 | 3 | 2 | Penerimaan dari Hasil Kerjasama Desa dengan Pihak Ketiga | |||||||||
4 | 3 | 2 | 01 | Penerimaan dari Hasil Kerjasama Desa dengan Pihak Ketiga | ||||||||
4 | 3 | 3 | Penerimaan dari Bantuan Perusahaan yang berlokasi di Desa | |||||||||
4 | 3 | 3 | 01 | Penerimaan dari Bantuan Perusahaan yang berlokasi di Desa | ||||||||
4 | 3 | 4 | Hibah dan sumbangan dari Pihak Ketiga | |||||||||
1 | 4 | 3 | 4 | 01 | Hibah dan sumbangan dari Pihak Ketiga | |||||||
1 | 1 | 4 | 3 | 5 | Koreksi kesalahan belanja tahun-tahun anggaran sebelumnya yang mengakibatkan penerimaan di kas Desa pada tahun anggaran berjalan | |||||||
1 | 1 | 01 | 4 | 3 | 5 | 01 | Koreksi kesalahan belanja tahun-tahun anggaran sebelumnya yang mengakibatkan penerimaan di kas Desa pada tahun anggaran berjalan | |||||
1 | 1 | 01 | 4 | 3 | 6 | Bunga Bank | ||||||
1 | 1 | 01 | 4 | 3 | 6 | 01 | Bunga Bank | 1 | Thn | 803.379 | BUNGA BANK | |
1 | 1 | 01 | 4 | 3 | 9 | Lain-lain pendapatan Desa yang sah | ||||||
1 | 3 | 4 | 3 | 9 | 90-99 | Lain-lain pendapatan Desa yang sah | ||||||
JUMLAH PENDAPATAN | ######## | |||||||||||
1 | PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA | |||||||||||
1 | 5 | BELANJA | ||||||||||
1 | 1 | Penyelenggaraan Belanja Penghasilan Tetap, Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa | ||||||||||
1 | 1 | 01 | Penyediaan Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa | |||||||||
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | Belanja Pegawai | |||||||
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | 1 | Penghasilan Tetap & Tunjangan Kepala Desa | ||||||
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | 1 | 01 | Penghasilan Tetap Kepala Desa | 12 | Bln | ######## | ADD | 2.426.640 |
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | 1 | 02 | Tunjangan Kepala Desa | |||||
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | 1 | 03 | Penghasilan Tetap Sekretaris Desa | – | ||||
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | 1 | 04 | Tunjangan Sekretaris Desa | |||||
1 | 1 | 01 | 5 | 1 | 1 | 05 | Penerimaan Lain Kepala Desa yang Sah | |||||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | Penghasilan Tetap dan Tunjangan Perangkat Desa | ||||||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kaur Tata Usaha & Umum) | 12 | Bln | ######## | ADD | 2.022.200 |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kaur Keuangan) | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kaur Perencanaan ) | |||||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kasi Pemerintahan) | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kasi Kesejahteraan ) | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa (Kasi Pelayanan ) | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 01 | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 02 | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 03 | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 04 | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 01 | Penghasilan Tetap Perangkat Desa Lainnya 05 | 12 | Bln | ######## | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 02 | Tunjangan Perangkat Desa (Tunjangan Sekertaris Desa )PNS) | 3 | Bln | – | ADD | |
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-99 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kaur Admin & Umum) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-100 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kaur Keuangan) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-101 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kasi Pemerintahan)) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-102 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kasi Pembangunan)) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-103 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Kasi Kesra)) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-104 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Urusan Admin & Umum) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-105 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Urusan Keuangan)) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-106 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Seksi Pemerintahan) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-107 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Seksi Pembangunan) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | 90-108 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Staf Seksi Kesra)) | 12 | Bln | PAD | ||
1 | 1 | 02 | 5 | 1 | 2 | Penerimaan Lain Perangkat Desa yang Sah (Tunjangan Kinerja Plt, Sekdes PNS)) | ||||||
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | Jaminan Sosial Kepala Desa dan Perangkat Desa | ||||||
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | 01 | Jaminan Kesehatan Kepala Desa | 12 | Bln | 1.164.768 | ADD | |
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | 02 | Jaminan Kesehatan Sekretaris Desa | |||||
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | 03 | Jaminan Kesehatan Perangkat Desa ( 10 Orang ) | 12 | Bln | 9.706.560 | ADD | |
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | 04 | Jaminan Ketenagakerjaan Kepala Desa | 12 | Bln | 157.260 | ADD | |
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | 05 | Jaminan Ketenagakerjaan Sekretaris Desa | – | ######## | |||
1 | 1 | 03 | 5 | 1 | 3 | 06 | Jaminan Ketenagakerjaan Perangkat Desa | 12 | Bln | 1.310.400 | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | Belanja Barang dan Jasa | |||||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | Belanja Barang Perlengkapan | ||||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Belanja Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Benda Pos | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Kertas HVS 80 gram (450) lbr 6 Rim | 6 | Rim | 327.954 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Kertas HVS 70 gram (500) lbr 24 Rim | 24 | Rim | 1.140.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Kertas HVS 60 gram (500) lbr 6 Rim | 6 | Rim | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Buku Kwarto isi 100, 10 bh | 10 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Buku Kwarto isi 50, 10 bh | 10 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Buku Folio isi 100, 20 bh | 20 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Buku Gelatik 1 pak | 1 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Snelhecter Kertas 120 bh | 120 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Stopmap Kertas 6 pak | 6 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Snelhecter Plastik 48 bh | 48 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Map Kancing tebal 12 bh | 12 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Map Besar 12 bh | 12 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Ballpoin Pentel 2 bh | 2 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Spidol Besar 1 dos | 1 | dos | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Spidol Htm Kecil 4 set | 4 | set | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Pensil STAEDLER 2B 6 bh | 6 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Tip EX 4 pak | 4 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Tinta Stempel 5 bh | 5 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Catridge Warna 6 bh | 6 | bh | 1.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Catridge Hitam 10 bh | 12 | bh | 3.000.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Tinta Reffil hitam 12 bh | 12 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Tinta warna 6 btl | 6 | btl | 216.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Tinta hitam 6 btl | 8 | btl | 325.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Isi Staples Kecil 36 dos | 36 | dos | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Perforator 4 bh | 4 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Lakban hitam 8 bh | 8 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Cutter Besar 6 bh | 6 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Isi Cutter Besar 2 pak | 2 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Binder besar 6 pak | 6 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Binder Clip kecil 6 pak | 6 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Klip Warna 12 pak | 12 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Plastik mika ukuran folio 240 lbr | 240 | lbr | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Penggaris 30 Cm 12 bh | 12 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Lem glue liquid kecil 24 bh | 24 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Lem glue liquid sedang 12 bh | 12 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Lem glue liquid besar 6 bh | 6 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Kwitansi Besar 15 bh | 15 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Kwitansi sedang 10 bh | 10 | bh | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Amplop panjang 6 pak | 6 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Amplop sedang 3 pak | 3 | pak | – | ADD | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Benda pos | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Perangko | ADD | ||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 01 | Materai 10.000, ( 240 Lbr ) | 240 | lbr | 2.400.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 02 | Belanja Perlengkapan Alat-alat Listrik ( Lampu, Kabel dan Pitingan , dll ) | 1 | Thn | 1.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 03 | Belanja Perlengkapan Alat-alat Rumah Tangga/Peralatan dan Bahan Kebersihan | 1 | Pkt | 750.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 04 | Belanja Bahan Bakar Minyak/Gas/Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran | 7 | Tbg | 154.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 04 | Belanja BBM (genset) | 12 | Bln | 241.200 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 05 | Belanja Perlengkapan Cetak/Penggandaan – Belanja Barang Cetak dan Penggandaan | 1 | Pkt | 1.934.744 | PADS : 992.234,- ADD : 524.332,- Bagi Hasil. : 418.178 | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 05 | Belanja penjilidan | 1 | Pkt | 1.000.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 06 | Belanja Perlengkapan Barang Konsumsi (Makan/minum) – Belanja Barang Konsumsi | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 06 | Snack Rapat | 1100 | dos | 1.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 06 | Makan Rapat | 100 | dos | 4.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 06 | Belanja Minum, Makan Perangkat Desa | 12 | Bln | 3.600.000 | PADS : 3.000.000, Ret.Pajak : 600.000,- | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 06 | Belanja Gula, Teh dan Kopi | 1 | pkt | 2.619.000 | PADS : 1.900.000, Ret.Pajak : 600.000,- | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 06 | Belanja Jamuan Kunjungan Tamu Desa | 12 | Bln | 2.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 07 | Belanja Bahan/Material | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 08 | Belanja Bendera/Umbul-umbul/Spanduk | 1 | Pkt | 1.400.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 09 | Belanja Pakaian Dinas/Seragam/Atribut | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 10 | Belanja Obat-obatan | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 11 | Belanja Pakan Hewan/Ikan, Obat-obatan Hewan | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 12 | Belanja Pupuk/Obat-obatan Pertanian | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 1 | 90-99 | Belanja Barang Perlengkapan Lainnya | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | Belanja Jasa Honorarium | ||||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 01 | Belanja Jasa Honorarium Tim yang Melaksanakan Kegiatan | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 01 | Honor PPKD ( 7 Org) | 10 | Bln | 6.650.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 01 | Honor Tim Pelaksana kegiatan Tingkat Desa ( 5 Org ) | 10 | Bln | 6.650.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 02 | Belanja Jasa Honorarium Pembantu Tugas Umum Desa/Operator (Operator Siskeudes) 1 Org) | 12 | Bln | 2.400.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 03 | Belanja Jasa Honorarium/Insentif Pelayanan Desa (petugas Registrar Kependudukan 3 Org) | 12 | Bln | 2.400.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 04 | Belanja Jasa Honorarium Ahli/Profesi/Konsultan/Narasumber | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 05 | Belanja Jasa Honorarium Petugas (Bendahara Desa) | 12 | Bln | 2.400.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 90-99 | Belanja Jasa Honorarium Lainnya | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 90-99 | Honor Penyusun Raperdes APBDes , Perubahan APBDes, LPPD & LKPJ | 1 | Pkt | 1.800.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 90-99 | Honor Koordinator PBB | 12 | Bln | 1.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 2 | 90-99 | Honor Operator SIPADES , SID dan SIDEKA serta SINKG | 12 | Bln | 2.400.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 3 | Belanja Perjalanan Dinas | ||||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 3 | 01 | Belanja Perjalanan Dinas Dalam Kabupaten/Kota (Kepala Desa, Perdes/ Lembaga Desa dll) | 12 | Bln | 3.500.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 3 | 02 | Belanja Perjalanan Dinas Luar Kabupaten/Kota (Kepala Desa, Perdes, Lembaga Desa, dll) | 12 | Bln | 1.200.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | Belanja Operasional Perkantoran | ||||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 01 | Belanja Jasa Langganan Listrik | 4 | mtr/KwH | 4.500.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 02 | Belanja Jasa Langganan Air Bersih | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 03 | Belanja Jasa Langganan Majalah/Surat Kabar (Koran & Majalah) | 12 | Bln | 1.200.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 04 | Belanja Jasa Langganan Telepon | 12 | Bln | 828.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 05 | Belanja Jasa Langganan Internet | 12 | Bln | 4.200.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 06 | Belanja Jasa Kurir/Pos/Giro | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 5 | 07 | Belanja Jasa Perpanjangan Ijin/Pajak | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat Lainnya | |||||
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Honor Tenaga Kebersihan / Keamanan Kantor | 12 | Bln | 3.600.000 | PADS | |
1 | 1 | 04 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Honor Penjaga 2 Kubur (2 Orang) | 12 | Bln | 3.000.000 | PADS | |
1 | 1 | 05 | 5 | 1 | 4 | Tunjangan BPD | ||||||
1 | 1 | 05 | 5 | 1 | 4 | 01 | Tunjangan Kedudukan BPD (Ketua) | 1 | Org/Thn | 2.350.000 | ADD : 1.750.000,- & PADS : 600.000,- | |
Tunjangan Kedudukan BPD Wakil (Ketua) | 1 | Org/Thn | 2.250.000 | ADD : 1.750.000,- & PADS : 500.000,- | ||||||||
Tunjangan Kedudukan BPD (Sekretaris) | 1 | Org/Thn | 2.250.000 | ADD : 1.750.000,- & PADS : 500.000,- | ||||||||
Tunjangan Kedudukan BPD (Anggota 6 Orang) | 6 | Org/Thn | ######## | ADD : 10.500.000,- & PADS : 2.100.000,- | ||||||||
1 | 1 | 05 | 5 | 1 | 4 | Tali Asih BPD | ||||||
1 | 1 | 06 | 5 | 2 | 5 | 90-99 | Belanja Operasional BPD | |||||
1 | 1 | 06 | 5 | 2 | 5 | 90-99 | Alat Tulis Kantor | 1 | Pkt | 1.035.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 1 | 06 | 5 | 2 | 5 | 90-99 | Penggandaan | 1 | Pkt | 690.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 1 | 06 | 5 | 2 | 5 | 90-99 | Konsumsi Rapat Internal BPD | 90 | Dos | 1.035.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 1 | 07 | 5 | 2 | 2 | 3 | INSENTIF KETUA RT ( 31 RT ) | 31 | RT | ######## | ADD: 15.500.000, PADS: 10.850.000 | |
1 | 1 | 07 | 5 | 2 | 2 | 3 | INSENTIF KETUA RW ( 5 RT ) | 5 | RW | 4.250.000 | ADD: 2.500.000 PADS: 1.750.000 | |
1 | 1 | 07 | 5 | 2 | 5 | 90-99 | Belanja Operasional RT / RW | |||||
1 | 1 | 07 | 5 | 2 | 5 | 90-99 | Alat Tulis Kantor | 1 | Thn | – | PADS | |
1 | 1 | 90-99 | 5 | 2 | 1 | 6 | Tunjangan Hari Raya ( Bingkisan bagi Perangkat Desa & Lembaga Desa : 30 Orang ). | 30 | Pkt | ######## | PADS : 9.000.000 & Bagi Hasil : 1.100.000 | |
1 | 1 | 90-99 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Operasional KPMD | 1 | thn | 5.000.000 | BAN-PROV | |
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | Belanja Pemeliharaan | ||||||
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 02 | Belanja Pemeliharaan Kendaraan Bermotor | |||||
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 02 | Belanja Jasa Servise | 4 | Spd mtr/thn | – | ADD | |
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 02 | Belanja Penggantian Suku Cadang | 4 | Spd mtr/thn | – | ADD | |
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 02 | Belanja Oli Pelumas | 4 | Spd mtr/thn | – | ADD | |
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 02 | Belanja Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan | 4 | Spd mtr/thn | – | ADD | |
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 03 | Belanja Pemeliharaan Peralatan | |||||
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 03 | Perawatan Komputer | 6 | bh | 3.750.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 2 | 02 | 5 | 2 | 6 | 03 | Perawatan Printer | 6 | bh | 3.750.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
1 | 2 | 03 | 5 | 2 | 6 | 04 | Belanja Pemeliharaan Bangunan | |||||
1 | 2 | 03 | 5 | 2 | 6 | 04 | Pengadaan pinjer / absen digital | 1 | Pkt | – | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
03 | 5 | 2 | 6 | 04 | Pengadaan alat pemadam kebakaran ( 2 buah ) | 1 | Pkt | – | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |||
5 | 2 | 6 | 05 | Belanja Pemeliharaan Jalan | ||||||||
5 | 2 | 6 | 06 | Belanja Pemeliharaan Jembatan | ||||||||
5 | 2 | 6 | 07 | Belanja Pemeliharaan Irigasi/Saluran Sungai/Embung/Air Bersih, jaringan Air Limbah, Persampahan, dll ( Sungai Sowo dan Lencer ) | 2 | Pkt | 3.000.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | ||||
5 | 2 | 6 | 08 | Belanja Pemeliharaan Jaringan dan Instalasi (Listrik, Telepon, Internet, Komunikasi, dll) | ||||||||
1 | 2 | 90-99 | 5 | 2 | 6 | 90-99 | Belanja Pemeliharaan Lainnya (Sarana Prasarana Kantor) | 1 | Pkt | 3.000.000 | Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah | |
5 | 2 | 7 | Belanja Barang dan Jasa yang Diserahkan kepada Masyarakat | |||||||||
5 | 2 | 7 | 01 | Belanja Bahan Perlengkapan yang Diserahkan ke masyarakat | ||||||||
5 | 2 | 7 | 02 | Belanja Bantuan Mesin/Kendaraaan bermotor/Peralatan yang diserahkan ke masyarakat | ||||||||
5 | 2 | 7 | 03 | Belanja Bantuan Bangunan yang diserahkan ke masyarakat | ||||||||
5 | 2 | 7 | 04 | Belanja Beasiswa Berprestasi/Masyarakat Miskin | ||||||||
5 | 2 | 7 | 05 | Belanja Bantuan Bibit Tanaman/Hewan/Ikan | ######## | |||||||
1 | 2 | 01 | 5 | 3 | 2 | Belanja Modal Peralatan, Mesin, dan Alat Berat | ||||||
1 | 2 | 01 | 5 | 3 | 2 | 03 | Belanja Modal Peralatan Komputer (Pengadaan Lap top 2 Unit) | |||||
1 | 2 | 01 | 5 | 3 | 2 | 03 | Pengadaan Printer. 1 Unit | |||||
1 | 3 | Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan | ||||||||||
1 | 3 | 01 | Pelayanan administrasi umum dan kependudukan (Surat Pengantar/Pelayanan KTP, Kartu Keluarga, dll) | |||||||||
1 | 4 | 10 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | ###### | |||||
2 | PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA | |||||||||||
2 | 1 | Pendidikan | ||||||||||
2 | 1 | 01 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Bantuan Honor Pengajar TK “Sumber Asih” | 1 | Thn | 3.000.000 | DD-APBN | |
2 | 1 | 01 | 5 | 2 | 2 | 04 | Belanja Lembaga Pendidikan TPQ ( 3 TPQ ) | 1 | Keg | 1.500.000 | PADS | |
2 | 2 | 01 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Insentif tenaga PPKBD/SKD | 12 | Bln | 1.800.000 | DD-APBN | |
2 | 2 | 01 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Insentif tenaga KPM Stunting | 12 | Bln | 2.400.000 | DD-APBN | |
2 | 2 | 02 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Peningkatan Kapasitas Posyandu | 12 | Bln | ######## | DD-APBN | ######## |
2 | 2 | 09 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Pengadaan Sarpras Posyandu | 12 | Bln | – | DD-APBN | |
09 | 5 | 2 | 7 | 90-100 | Peningkatan Kapasitas FKD | 1 | Pkt | 6.529.000 | DD-APBN | ######## | ||
2 | Pembangunan/Rehabilitasi/Penin gkatan Sarana Prasarana Perpustakaan/Taman Bacaan Desa/Sanggar Belajar | |||||||||||
2 | 3 | 5 | 3 | Belanja Modal | ||||||||
2 | 3 | 05 | 5 | 2 | 6 | 07 | PKT Normalisasi Saluran Irigasi Petani Sawah , RW.003 (V0L :P.500 M X 1,5 M ) | 1 | Pkt | 3.871.000 | DD-APBN | |
2 | 3 | 05 | 5 | 2 | 6 | 07 | PKT Normalisasi Saluran Irigasi Petani Sawah , RW.005 (V0L :P.500 M X 1,5 M ) | 1 | Keg | 4.000.000 | DD-APBN | |
05 | 5 | 2 | 6 | 07 | PKT Normalisasi Saluran Irigasi Sungai Lencer , RW.002 (V0L :P.200 M X L. 4 M ) | 1 | Pkt | 1.068.500 | DD-APBN | |||
07 | PKT Normalisasi Saluran Irigasi ( Sungai Lencer dan Sungai Sowo ), Petani Tambak dan Sawah. | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |||||||
Pengadaan Bor Air Bersih Pemukiman ( RT.002/RW. 001 ) | 1 | Pkt | ######## | DD-APBN | ||||||||
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Belanja Modal Jalan /Prasarana Jalan | |||||
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 002,RW 001 ( Vol: P. 70 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 004,RW 001 ( Vol: P. 30 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |||||||
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 001,RW 002 ( Vol: P. 125 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 006,RW 002 ( Vol: P. 42 M X L. 2 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 002,RW 003 ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 003 ( Vol: P. 35 M X L. 1,20 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 003 ( Vol: P. 56 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 007,RW 003 ( Vol: P. 60 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 002,RW 004 ( Vol: P. 100 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 004,RW 004 ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 001,RW 005 ( Vol: P. 115 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 003,RW 005 ( Vol: P. 15 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 005 ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 0 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 3 | 10 | 5 | 3 | 5 | 07 | Pembangunan Jalan Rabat Beton Pemukiman RT 005,RW 005 ( Vol: P. 82 M X L. 1,5 M X T. 0,12 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | |
2 | 4 | 01 | 5 | 2 | 7 | 03 | Bantuan Keuangan RTLH 3 Paket | 3 | Pkt | – | BANPROV | ######## |
2 | 4 | 90-99 | 5 | 3 | 8 | 03 | Pembangunan Atap Galvalum TK. Sumber Asih, ( VOL. P. 11 M. X L. 10 M, X T. 3,5 M ) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | ######## |
3 | BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN DESA | – | ||||||||||
3 | 1 | 02 | 5 | 2 | 1 | 09 | ###### | |||||
3 | 2 | Sub Bidang Kebudayaan dan Keagamaan | ||||||||||
3 | 2 | 02 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Peringatan Hari Besar Nasional | 1 | Pkt | 1.500.000 | PADS | |
3 | 2 | 02 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Peringatan Hari Besar Islam | 1 | Pkt | 5.000.000 | PADS | |
3 | 2 | 02 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Bersih Desa / Sedekah Bumi | 1 | Pkt | ######## | PADS | |
3 | 2 | 02 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Peringatan Khoul ” Mbah Buyut Kromo Truno “ | 1 | Pkt | 3.000.000 | PADS | |
3 | 2 | 04 | 5 | 2 | 7 | 01 | Bantuan Keuangan Peningkatan Kapasitas Sarana Prasarana Ibadah 2 Masjid | |||||
3 | 2 | 05 | 5 | 2 | 7 | 01 | Bantuan Keuangan Peningkatan Kapasitas Sarana Prasarana Ibadah 2 Musholla | |||||
3 | 2 | 90-99 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Bantuan Keuangan kepada Desa untuk Fasilitasi Lembaga Keagamaan | 19 | Lembaga | ######## | PEMKAB | ######## |
3 | 3 | 05 | 5 | 3 | 9 | 02 | Pembangunan Sarana Prasarana Olah Raga Desa Tahap VI (Vol: P. 50 M X 25 M X 8 M ) | 1 | Pkt | ######## | DD-APBN | |
3 | 3 | 05 | 5 | 3 | 9 | 02 | Pembangunan Sarana Prasarana Olah Raga Desa Tahap V (Vol. 15 m X 25 m X 8 m) | 1 | Pkt | – | DD-APBN | ######## |
3 | 3 | 06 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Bantuan Keuangan Kepada Karang Taruna | 1 | Thn | 3.500.000 | PADS | |
3 | 4 | 02 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Bantuan Keuangan Kepada LPMD | 1 | Thn | 3.500.000 | PADS | |
3 | 4 | 03 | 5 | 2 | 7 | 90-100 | Belanja Bantuan Keuangan Pembinaan PKK | 1 | Thn | 5.000.000 | DD-APBN | |
4 | BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA | |||||||||||
4 | 2 | 04 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Insentif Ladu / Pemeliharaan Saluran Irigasi 3 (tiga) orang | 1 | Thn | 3.000.000 | PADS | ######## |
4 | 3 | 01 | 5 | 2 | 3 | 03 | Belanja Kursus/Pelatihan | |||||
4 | 3 | 01 | 5 | 2 | 3 | 03 | ###### | |||||
5 | 2 | 4 | Belanja Jasa Sewa | |||||||||
5 | 2 | 4 | 01 | Belanja Jasa Sewa Bangunan/Gedung/Ruang | ||||||||
5 | 2 | 4 | 02 | Belanja Jasa Sewa Peralatan/Perlengkapan | ||||||||
5 | 2 | 4 | 03 | Belanja Jasa Sewa Sarana Mobilitas | ||||||||
5 | 2 | 4 | 90-99 | Belanja Jasa Sewa Lainnya | ||||||||
4 | 6 | 90-99 | 5 | 2 | 7 | 90-99 | Belanja Ketahanan Masyarakat / Penyertaan Modal Bumdes | 1 | Pkt | ######## | BAN-PROV | |
Belanja Hibah | ||||||||||||
Hibah Kepada BUMDes | ||||||||||||
Hibah Kepada Badan/ Organisasi/ Lembaga | ||||||||||||
BIDANG TAK TERDUGA | ||||||||||||
Kegiatan Kejadian Luar Biasa | 1 | pkt | – | ######## | ||||||||
1 | 1 | 05 | 5 | 3 | 4 | … | <Rincian Obyek Belanja> | ######## | ||||
5 | 01 | Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) | 1 | Pkt | ######## | DD -APBD | ||||||
5 | 1 | 02 | BLT Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) | 150 | 3 Bulan | – | DD-APBN | ######## | ||||
03 | BLT Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) Tahap II | 150 | 3 Bulan | – | DD-APBN | #REF! | ||||||
Dana Cadangan BLT Penanggulangan Bencana, Keadaan Darurat dan Mendesak ( COVID-19 ) Tahap III | 150 | 12 Bulan | ######## | DD-APBN | ||||||||
5 | 1 | 00 | Penanggulangan Bencana | |||||||||
5 | 1 | 00 | 5 | 4 | Belanja Tak Terduga | |||||||
5 | 1 | 00 | 5 | 4 | 00 | Belanja Tak Terduga | ||||||
5 | 1 | 00 | 5 | 4 | 00 | 00 | Belanja Tak Terduga | |||||
JUMLAH BELANJA | ######## | |||||||||||
SURPLUS /(DEFISIT) | (1.393.500) | |||||||||||
6 | PEMBIAYAAN | |||||||||||
6 | 1 | Penerimaan Pembiayaan | ||||||||||
6 | 1 | 1 | SILPA Tahun Sebelumnya | |||||||||
6 | 1 | 1 | 1 | SILPA Tahun Sebelumnya | 1.393.500 | |||||||
6 | 2 | Pengeluaran Pembiayaan | 1.393.500 | |||||||||
6 | 2 | 1 | Pembentukan Dana Cadangan | – | ||||||||
6 | 2 | 2 | 1 | Pembentukan Dana Cadangan | – | |||||||
– | ||||||||||||
SELISIH PEMBIAYAAN | – | |||||||||||
Jepatlor, 30 Desember 2020 | ||||||||||||
KEPALA DESA JEPATLOR JEPATLOR | ||||||||||||
HERRY PRASETYO, SE | ||||||||||||
…………………,……… Kepala Desa, (………………………… Keterangan Cara Pengisian: Kolom 1 : diisi berdasarkan klasifikasi Bidang Kegiatan: a. bidang; b. sub bidang; dan c. kegiatan Kolom 2 : Kode rekening diisi berdasarkan klasifikasi ekonomi terdiri dari Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan: |
||||||||||||
– Bagian pendapatan diisi: a. Pendapatan: b. kelompok pendapatan: c. jenis pendapatan; dan d. obyek pendapatan – Bagian Belanja diisi: a. belanja; b. jenis belanja (disesuaikan dengan jenis kegiatan); c. obyek belanja: dan d. rincian obyek belanja. – Bagian Pembiayaan diisi: a. pembiayaan; b. kelompok pembiayaan; dan c. jenis pembiayaan Kolom 3 : Uraian Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan (Lihat Lampiran A Permendagri ini) Kolom 4 : Volume diisi dengan volume (jumlah) output kegiatan (Kolom 1.c) dan volume (jumlah) input pada rincian obyek belanja (Kolom 2.d) Kolom 5 : Satuan diisi dengan satuan output (paket, unit, km, Ha) kegiatan dan satuan (paket, unit) input pada rincian obyek belanja Kolom 6 : Anggaran diisi dengan jumlah anggaran yang ditetapkan Kolom 7 : Sumber Dana diisi dengan Sumber Dana yang digunakan dalam kegiatan (kolom 1.c) terkait |
||||||||||||
E. Format Panduan Evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa PANDUAN EVALUASI RANCANGAN PERATURAN DESA TENTANG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA A. DASAR PEMIKIRAN 1. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) sebagai wujud dari pengelolaan keuangan Desa yang dibahas dan disepakati oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat Desa ditetapkan tiap tahun dengan Peraturan Desa. 2. APB Desa disusun sesuai kebutuhan dan kewenangan Desa yang berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin anggaran. 3. Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri ini, Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa harus dievaluasi oleh Bupati/Walikota. 4. Berdasarkan ketentuan sebagaimana tersebut di atas, Menteri Dalam Negeri perlu mengeluarkan Panduan Evaluasi APB Desa sebagai acuan Bupati/Walikota melakukan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa. B. MAKSUD DAN TUJUAN Maksud dan tujuan panduan ini, yaitu: 1. Maksud Panduan ini dimaksudkan untuk menjamin tercapainya prinsip kepatuhan, keselarasan, keseimbangan dan kejelasan pengelolaan keuangan Desa dalam membiayai Pembangunan Desa berdasarkan kewenangan Desa yang mengutamakan kepentingan umum dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan. 2. Tujuan Umum Panduan ini bertujuan untuk memberikan acuan kepada Bupati/Walikota dan/atau Camat dalam rangka evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa, C. SASARAN EVALUASI Sasaran pelaksanaan evaluasi, yaitu: 1. Diperoleh data dan informasi yang akan menjadi dasar untuk memberikan penilaian kepada Desa dalam kaitannya dengan kepatuhan penyusunan dan penetapan Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa. 2. Diperoleh data dan informasi yang akan menjadi dasar untuk memberikan penilaian kepada Desa dalam kaitannya dengan substansi dan materi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa. D. RUANG LINGKUP EVALUASI Ruang lingkup pelaksanaan Evaluasi, yaitu: 1. Aspek administrasi yang meliputi identifikasi kelengkapan data dan informasi terkait dokumen pendukung dalam penyusunan Rancangan Peraturan Desa |
||||||||||||
tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang perubahan APB Desa; 2. Aspek legalitas yang meliputi identifikasi peraturan-peraturan yang melandasi penyusunan Rancangan Peraturan Desa dimaksud; 3. Aspek kebijakan yang meliputi identifikasi konsistensi substansi dan materi dengan RPJM Desa dan RKP Desa; dan 4. Aspek substansi anggaran dalam struktur APB Desa yang meliputi pendapatan, belanja dan pembiayaan. E. EVALUASI 1. Persiapan Evaluasi a. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan persiapan evaluasi, yaitu: 1) Pembentukan Tim Evaluasi APB Desa Kabupaten/Kota ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati/Walikota tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan Evaluasi APB Desa dilampiri Pedoman Pelaksanaan Evaluasi APB Desa, dalam hal pelaksanaan evaluasi oleh Bupati/Walikota. 2) Tim Evaluasi APB Desa sebagaimana dimaksud huruf a, terdiri dari: a) Ketua : Pejabat pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten/Kota b) Sekretaris : Pejabat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten/Kota atau sebutan lainnya b) Anggota : SKPD terkait 3) Berdasarkan Peraturan Menteri ini, Bupati/Walikota dapat mendelegasikan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa kepada camat atau sebutan lainnya. Apabila pelaksanaan evaluasi APB Desa didelegasikan kepada Camat, selanjutnya Bupati/Walikota menerbitkan Surat Keputusan Bupati/Walikota tentang Pendelegasian Evaluasi APB Desa dilampiri Pedoman Pelaksanaan Evaluasi APB Desa. 4) Pendelegasian kewenangan melakukan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa kepada camat atau sebutan lainnya, selanjutnya Camat membentuk Tim Evaluasi, yang terdiri dari: a) Ketua : Camat b) Sekretaris : Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa c) Anggota : Unsur pemerintah kecamatan dan UPT Kecamatan terkait 5) Anggota Tim Evaluasi dimaksud adalah pejabat atau staf yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya dari unsur terkait untuk melakukan evaluasi Rancangan peraturan Desa tentang APB Desa dan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa. 6) Segala biaya yang dibutuhkan oleh tim evaluasi dalam melaksanakan tugasnya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota. |
||||||||||||
b. Dokumen Evaluasi 1) Dokumen Utama a) Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa yang telah disepakati bersama BPD; dan/atau b) Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa yang telah disepakati bersama BPD. 2) Dokumen Penunjang (alat verifikasi) a) Disampaikan oleh Desa – Keputusan Musyawarah BPD Pembahasan dan Penyepakatan Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa (untuk evaluasi Rancangan Perdes tentang APB Desa), berita acara hasil musyawarah; atau – Keputusan Musyawarah BPD Pembahasan dan Penyepakatan Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa (untuk evaluasi Rancangan Perdes tentang Perubahan APB Desa); – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). – Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun berkenaan. – Dokumen yang relevan (misal, Perdes tentang pembentukan dana cadangan, Perdes tentang pendirian BUMDesa, hasil analisa kelayakan penyertaan modal BUMDes, dll) b) Disiapkan oleh Tim Evaluasi – Peraturan Bupati/Walikota tentang Pengelolaan Keuangan Desa – Peraturan Bupati/Walikota tentang Daftar Kewenangan berdasarkan hak asal-usal dan lokal berskala Desa – Perdes tentang Penetapan Daftar Kewenangan berdasarkan hak asal-usul dan lokal berskal desa – Peraturan Bupati/Walikota tentang Pengadaan Barang/Jasa di Desa – Peraturan Bupati/Walikota tentang Dana Desa – Peraturan Bupati/Walikota tentang Alokasi Dana Desa – Peraturan Bupati/Walikota tentang Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah – Peraturan Bupati/Walikota tentang Satuan Harga Kabupaten/Kota yang didalamnya mengatur Standar Harga di Desa – Peraturan Bupati tentang Lingkup Pembangunan Desa – Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2. Pelaksanaan Evaluasi Proses evaluasi dilaksanakan dengan menempuh 2 (dua) tahapan, yaitu: a. Pemeriksaan kelengkapan dokumen, evaluasi administrasi dan legalitas. 1) Evaluasi administrasi dan legalitas meneliti beberapa hal sebagai berikut: a) Kepatuhan atas kelengkapan penyampaian dokumen evaluasi; b) Kepatuhan atas penyajian informasi dalam Rancangan peraturan yang akan dievaluasi; c) Konsistensi penggunaan dokumen dan informasi dalam Rancangan peraturan yang akan dievaluasi; |
||||||||||||
d) Kesesuaian Rancangan peraturan yang akan dievaluasi dengan teknis penyusunan peraturan Desa; 2) Langkah-langkah evaluasi: a) Langkah 1 : Pengumpulan dokumen evaluasi; b) Langkah 2 : Pencatatan nomor, tanggal dan kelengkapan lampiran semua dokumen; c) Langkah 3 : Penelitian dan penganalisian nomor, tanggal dan kelengkapan lampiran semua dokumen; d) Langkah 4 : Pembandingan tanggal penyampaian semua dokumen dengan ketentuan yang berlaku tentang batas waktu penyampaian dokumen; e) Langkah 5 : Kesimpulan secara narasi tentang hasil langkah 1 s/d 4. Catatan : Jika dari hasil pemeriksaan kelengkapan dokumen tidak terpenuhi sesuai ketentuan, Tim Evaluasi meminta kepada Pemerintah Desa untuk melengkapinya. Waktu pelaksanaan evaluasi dihitung kembali setelah dokumen diterima secara lengkap. b. Evaluasi kebijakan dan struktur APB Desa/perubahan APB Desa. Langkah-langkah evaluasi tertuang dalam lembar kerja, terlampir. 3. Hasil Evaluasi Setelah selesai melaksanakan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang perubahan APB Desa, Tim Evaluasi menyusun laporan hasil evaluasi yang dituangkan dalam Keputusan Bupati/Walikota. Laporan hasil evaluasi dimaksudkan untuk menyampaikan temuan analisis terhadap Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan APB Desa sebagai umpan balik kepada pemerintah Desa untuk melakukan penyempurnaan atau persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang Perubahan ABDesa. Laporan hasil evaluasi (LHE) tersebut secara garis besar menyajikan informasi mengenai: (a) evaluasi atas sistem APB Desa atau Perubahan APB Desa, dan (b) evaluasi atas substansi APB Desa atau Perubahan APB Desa. Laporan hasil evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APB Desa atau Rancangan Peraturan Desa tentang perubahan APB Desa didistribusikan kepada : a. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa atau sebutan lainnya; dan b. Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota. |
||||||||||||